FIQIH SHALAT
Dalam pelaksanaan shalat, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan, merujuk kepada cara shalat Rasulullah shalallahu’alaihi
wassallam karna shalat yang benar adalah shalat yang sesuai dengan tatacara rasulullah saw. Hal-hal tersebut antara lain :
1.
Menghadap Ka’bah. Bila Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam bangkit hendak shalat, maka beliau menghadap
ka’bah. Beliau
memerintahkannya dan bersabda kepada orang yang shalatnya tidak benar :
“Apabila kamu bangkit hendak
menunaikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadaplah ke arah
kiblat, dan bertakbirlah.” (HR Bukhari, Muslim dan AS-Siraj)
Namun dalam riwayat lain disebutkan :
“Rasulullah saw. Pernah
melaksanakan shalat sunnat di dalam perjalanan di atas kendaraannya, dan beliau
melaksanakan shalat witir di atasnya, ke arah mana saja kendaraan itu menghadap
baik ke arah timur maupun ke arah barat. (HR Bukhari, Muslim, dan As-Siraj).
Demikian pula yang disebutkan pada Q.S. 2 : 115,
dan juga beberapa hadits yang diriwayatkan mengenai shalat khauf, dan shalat
para shahabiyah yang tidak mengetahui arah.
2. Berdiri. Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam menunaikan shalat dengan berdiri, shalat fardhu
ataupun shalat sunnat, sebagai ketaatannya kepada firman Allah (lihat Q.S. 2 :
238 - 239)
Dalam riwayat lain disebutkan :
“Rasulullah shalallahu’alaihi
wassallam. shalat sambil duduk ketika beliau sakit yang mendekati kematiannya.
(H.R. Turmudzi dan dishahihkannya dan Ahmad)
Imran bin Husain berkata,”Aku
bertanya kepada Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam tentang shalat seorang
lelaki sambil duduk. Beliau bersabda,”Barang siapa yang shalat sambil berdiri ,
maka hal itu adalah lebih utama. Barangsiapa yang shalat sambil duduk, maka ia
mendapatkan setengah dari pahala orang yang shalat sambil berdiri.. Dan
barangsiapa yang shalat sambil tidur---dalam riwayat lain disebutkan sambil
berbaring---, maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang shalat sambil
duduk.” (Al-Bukhari, Abu Daud dan Ahmad)
Rasulullah shalallahu’alaihi
wassallam ditanya tentang shalat di atas kapal. Beliau bersabda : “Shalatlah di
dalamnya (kapal) sambil berdiri, kecuali apabila kamu takut
tenggelam.”(Al-Bazzar, Ad-Daraquthni dan Abdul Ghani al-Maqdisi dalam As-Sunan,
dishahihkan oleh al-Hakim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi). Pernah Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam pada malam yang panjang shalat sambil berdiri, dan
pada suatu malam yang panjang juga shalat sambil duduk. Dan apabila beliau
membaca sambil berdiri, maka beliau ruku’ sambil berdiri, dan bila beliau
membaca sambil duduk, maka beliau pun ruku’ sambil duduk (HR Muslim dan Abu
Daud)
Kadangkala beliau berdiri melakukan shalat tanpa
memakai terompah dan kadangkala melakukannya dengan memakai terompah.
“Janganlah engkau shalat kecuali
menghadap sebuah tabir. Dan jangan engkau biarkan seseorang berlalu di
hadapanmu, dan apabila ia enggan, maka bunuhlah ia, karena sesungguhnya ia
mempunyai teman.” (Ibnu Khuzaimah dalam Ash-Shahih dengan sanad jayyid)
Dalam riwayat lain “ Apabila
beliau shalat –di tanah lapang yang tidak ada sesuatu yang dapat dijadikan
tabir—maka beliau menancapkan lembing, kemudian shalat sambil menghadap
kepadanya bersama manusia di belakang beliau. (HR Bukhari, Muslim, dan Ibnu
Majah).
“Janganlah kamu shalat dengan
menghadap kubur, dan janganlah kamu duduk di atasnya.” (Muslim, Abu Daud dan
Ibnu Khuzaimah).
3. Niat. Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam bersabda : “Pekerjaan-pekerjaan itu tidak lain hanyalah dengan niat, dan sesungguhnya setiap orang itu akan mendapatkan apa yang diniatkannya.” (HR Bukhari dan Muslim)
4. Takbir. Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam membuka shalat dengan kata-katanya: “Allahu Akbar “
(HR. Muslim dan Ibnu Majah)
Riwayat lain :”Sesungguhnya
tidaklah sempurna shalat salah seorang di antara manusia, sehingga ia berwudhu
dan meletakkan wudhu pada tempatnya, lalu berkata,’Allahu Akbar.” (HR. Thabrani
dengan isnad shahih).
5. Mengangkat kedua tangan. Kadangkala Rasululla shalallahu’alaihi wassallam mengangkat kedua tangannya secara bersamaan dengan takbir (HR Bukhari dan Nasa’i),
dan kadangkala setelah takbir (HR Bukhari dan Abu Daud)
dan kadangkala sebelumnya (HR Bukhari dan Nasa’i).
Dan diriwayatkan bahwa : “Beliau mengangkat kedua (tangan)nya sambil meluruskan jari jemarinya—tidak meregangkan dan tidak pula menggenggamnya.” (Abu Daud dan Ibnu Khuzaimah).
Dan beliau meletakkan kedua tangananya itu sejajar kedua bahunya (HR Bukhari dan Nasa’i) dan barangkali beliau mengangkatnya hingga berada setentang dengan –daun-daun kedua telinganya. (HR Bukhari dan Abu Daud)
6. Meletakkan tangan kanan di
atas tangan kiri. Diriwayatkan bahwa :”Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam meletakkan
tangan kanannya di atas tangan kirinya.. (HR Muslim dan Abu Daud).
Diriwayatkan pula :”Beliau
meletakkan tangan kanannya di atas punggung telapak tangannya, pergelangan
tangannya dan lengan tangannya.” (Malik, Al-Bukhari dan Abu Uwanah)
7. Meletakkan kedua tangan di
atas dada. Diriwayatkan bahwa “Beliau meletakkan kedua tangannya di atas
dadanya.”Abu Daud dan Ibnu Khuzaimah dai dalam Ash-Shahih)
8. Melihat tempat sujud dan khusyu’. “Apabila Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam shalat, maka beliau menundukkan kepalanya dan mengarahkan pandangannya ke tanah.”(Al-Baihaqie dan Al-Hakim)
Riwayat lain :” Beliau melarang
untuk mengarahkan pandangan ke langit (HR Bukhari dan Abu Dawud)
9. Doa Iftitah. Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam mrmbuka bacaan dengann doa-doa yang banyak dan
bermacam-macam, yang memuji dan memuja Allah, beliau bersabda :”Tidaklah
sempurna shalat seseorang di antara manusia, sehibngga ia bertakbir, memuji
Allah dan memuja-Nya serta membasa apa yang mudah baginya dari ayat-ayat
Al-Qur;an…” (Abu Daud dan Al-Hakim)
Kadang-kadang beliau membaca ini dan kadangkala yang
itu, antara lain : Allahumma ba’id baynii wa bayna, Subhanakallohumma wa
bihamdika atau wajjahtu wajhiyalilladzi atau yang lainnya. (afwan banyak banget
ada 12 macem, kalo mau lihat di “Sifat Shalat Nabi “ Muhammad Nashiruddin
Al-Albani, Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq)
10. Qira’at (dinyaringkan
bacaannya). Kemudian beliau memohon perlindungan kepada Allah, beliau bersabda :”A’udzubillahi
minasy syaithonir rajimi min harzihi wa nafkhihi wa naftsihi “ atau kadangkala
“A’udzubillahis samii ‘il ‘aliimi minasy syithoni…”. Kemudian beliau membaca
Bismillahi ‘r-Rahmani ‘r-Rahim dengan tidak bersuara (Bukhari, Muslim, Abu
Uwanah, Ath-Thahawi dan Ahmad)
11. Membaca ayat demi ayat. Kemudian Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam mem,baca al-Fatihah dan memotongnya ayat demi ayat.
Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam mengagungkan kedudukan surat ini, beliau bersabda :”Tidak sah shalat orang yang tidak membaca—didalamnya (shalat)—fatihata ‘l-Kitab (Al-Fatihah).
12. Meniadakan Qira’at di
belakang Imam dalam shalat Jahriyyah (shalat dengan bersuara). Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam bersabda : “Sesungguhnya imam itu dijadikan hanya
untuk diikuti. Oleh karena itu apabila ia bertakbir, maka bertakbirlah, dan
apabila membaca qira’at, maka dengarkanlah.”. (Abu DAud, Muslim, Abu Uwanah dan
Ar-Rubani).
Dalam riwayat lain disebutkan :”
Barangsiapa yang mempunyai iamam, maka bacaan imam adalah badcaan baginya.”
(Ibnu Abi Syaibah, Daraquthni, Ibnu Majah, Tah-Thahawi dan Ahmad).
13. Ucapan “Amin” dan
Imam mengeraskannya. Dikatakan bahwa :”Nabi shalallahu’alaihi wassallam
apabila selesai membaca al-Fatihah, maka beliau mengucapkan “amin”. Beliau
mengeraskannya dan memanjangkannya dengan suaranya.” (HR. Bukhari dan Abu
Daud).
Dalam riwayat lain :”Apabila Imam
mengucapkan Ghairi ‘l-maghdubi ‘alaihim wala’dh-Dhaallin, maka ucapkanlah
‘Amin’. Karena sesunguhnya para malaikat mengucapkan ‘Amin’ dan imam
mengucapkan’Amin’. Dan barangsiapa yang aminnya itu sesuai dengan amin para
malaikat, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Syaikhani dan
An-Nasa’i).
14. Bacaan Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam setelah Al-Fatihah. Kemudian Rasulullah membaca
surat lainnya setelah membaca Al-Fatihah. Kadangkala beliau memperpanjang
bacaan surat itu, kadang pula beliau memperpendek karena alasan halangan
perjalanan, atau batuk, atau sakit, atau mendengar tangis bayi (HR Bukhari,
Muslim). Kadang beliau membagi surat itu ked alam dua rakaat, kadang beliau
membaca dua surat atau lebih dalam satu rakaat.
15. Bersuara dan tidak bersuara
dalam shalat lima waktu dan lainnya. Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam membaca
keras di dalam shalat Shubuh, dan di dalam dua rakaat pertama shalat Maghrib
dan Isya. Tidak membaca dengan suara di dalam shalat Zhuhur dan Ashar dan di
dalam rakaat ketiga dari shalat maghrib serta dua rakaat terakhir dari shalat
Isya. Para shahabat mengetrahui bacaan Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam
dari gerakan janggutnya (Al-Bukhari dan Abu Daud). Dan beliau
shalallahu’alaihi wassallam mengeraskan suara Qira’atnya dalam Jum’ah, dan dua
shalat ‘Ied, shalat Istiqa dan shalat Kusuf.
16. Mentartilkan bacaan dan
membaikkan suara. Sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wata’ala kepada
Nabi shalallahu’alaihi wassallam, maka beliau membaca Al-Qur’an dengan tartil
bukan dengan cepat-cepat dan bukan pula dengan, tergesa-gesa bahkan dengan
bacaan yang menafsirkan satu-huruf-satu huruf.
17. Membetulkan imam. Diriwayatkan bahwa :”
Beliau melaksanakan suatu shalat, lalu membaca dan beliau keliru. Tatkala
beliau selesai shalat, beliau bersabda kepada Ubay,”Apakah engkau shalat
bersama kami ?” Ubay berkata,”Benar”. Beliau bersabda “Apa yang telah
melarangmu—untuk membetulkan aku ?” (Abu Daud, Ibnu Hibban, Ath-Thabrani dan
Ibnu Asakir)
18. Ruku. Apabila Rasulullah selesai
membaca Qira’at, maka beliau berhenti sejenak (Abu DAud dan Al-Hakim),
kemudian beliau mengangkat kedua belah tangannya dengan cara-cara seperti diterangkan dalam takbirati ‘l-Iftitah dan bertakbir lalu ruku (Al-Bukhari dan Muslim).
kemudian beliau mengangkat kedua belah tangannya dengan cara-cara seperti diterangkan dalam takbirati ‘l-Iftitah dan bertakbir lalu ruku (Al-Bukhari dan Muslim).
Diriwayatkan bahwa :”Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua
lututnya.” (HR. Al-Bukhari dan Abu Daud)
“Beliau menguatkan kedua
tangannya kepada kedua lututnya – seakan-akan beliau memegang erat kedua
lututnya itu,” (HR Al-Bukhari dan Abu Daud)
“Beliau meregangkan
jari-jemarinya.” (Al-Hakim, dishahihkan Adz-Dzahabi dan Ath-Thayalisi,
dikeluarkan dalam Shahih Abi Daud)
“Beliau menjauhkan
danmembengkokkan kedua sikunya dari kedua samping badannya.”(HR. Turmudzi ).
“Apabila beliau ruku’, maka
beliau melapangkan punggungnya dan meratakannya. Sehingga, apabila punggungnya
itu disiram air, maka air itu akan tetap di atasnya. (Ath-Thabrani)
“Beliau tidak menundukkan
kepalanya dan tidak pula mengangkatnya (sehingga kepalanya lebih tinggi dari
punggungnya). Tetapi pertengahan antara menundukkan dan mengangkatnya.”( HR.
Muslim dan Abu Uwanah).
19. Wajib Thu’maninah
dalam ruku. “Seburuk-buruknya orang mencuri itu adalah orang yang mencuri dari
shalatnya.” Mereka Berkata,”Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari shalatnya
?” Rasulullah bersabda “(Yaitu) tidak menyempurnakan ruku’nya dan sujudnya.”
(Ibnu Abi Syaibah, Ath-Thabrani dan Al-Hakim)
Ketika Beliau shalallahu’alaihi
wassallam melihat laki-laki yang tidak menyempurnakan ruku’nya dan mencotok
dalam sujudnya, ia bersabda bahwa jika ia mati, bukan pada millah (agama)
Muhammad. (Abu Ya’la dalam Musnad dan Al-Ajiri dalam Al-Arba’in, Al-BAihaqi dan
Ath-Thabrani)
20. Doa-doa Ruku. Kadang mengucapkan ini
dan kadang mengucapkan yang itu. Umumnya : Subhaana rabbiyal ‘adzimi (tiga
kali) (Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Ad-Daruquthni, Ath-Thahawi, Al-Bazzar, dan
Ath-Thabrani),
Subhana rabbiyal’adzimi
wa bihamdih (tiga kali) (Abu Daud, Ad-Daruquthni, Ahmad, Ath-Thabrani),
Subbuuhun qudduusun rabbul
malaa ikati warruuh. (HR. Muslim, Abu Uwanah),
Subhaanaka ‘l-Allahumma
wabihamdika Allahummagfirlii. (Bacaan lainnya dapat dilihat di Sifat Shalat
Nabi, Nashiruddin Al-Albani, Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq)
21. Memperpanjang Ruku’. Diriwayatkan bahwa “Rasulullah
menjadikan ruku’nya dan bangkitnya dari ruku’ , sujudnya dan duduknya di antara
dua sujud hampr sama lamanya.(HR Al-Bukhari dan Muslim).
22. Larangan membaca Al-Qur’an di
dalam Ruku. “Beliau melarang membaca Al-Qur’an di dalam ruku dan sujud.” (Muslim
dan Abu Uwanah).
23. I’tidal dari Ruku dan
Bacaannya. “Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam mengangkat punggungnya dari
ruku sambil mengucapkan ‘Sami’allahu liman hamidah’ (mudah-mudahan Allah
mendengarkan orang yang mnemuji-Nya.” (Al-Bukhari dan Muslim)
“Sambil berdiri beliau mengucapkan,’Rabbana wa lakal hamdu’( Wahai Tuhan kami, --dan—kepunyaan-Mu-lah segala puji).”(HR.Al-Bukhari dan Ahmad)
Kadang lafazh di atas beliau
tambahkan “Allahumma (Ya Allah)” dan kadang di tambahkan,” Mil assamaa waa ti
wa mil al ardhi wa mil a maa syi’ tamin syai in ba’du. (HR. Muslim dan Abu
Uwanah).
(Lengkapnya silahkan lihat Fiqhus
Sunnah Sayyid Sabiq, Sifat Shalat Nabi Nashiruddin Al-Albani).
24. Memperpanjang I’tidal
dan kewajiban Thuma’ninah di dalamnya. “Kadangkala beliau berdiri
hingga seseorang mengatakan, “Beliau telah lupa”, karena lamanya beliau
berdiri.”(HR Al- Bukhari, Muslim, dan Ahmad )
Rasulullah shalallahu’alaihi
wassallam bersabda : “Allah Yang Maha perkasa lagi maha Agung tidak akan
memperhatikan shalat seorang hamba yang tidak menegakkan punggungnya di antara
ruku’ dan sujudnya.” (Ahmad dan Ath-Thabrani)
25. Sujud. Diriwayatkan bahwa
:”Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam mengucapkan takbir, lalu turun untuk
sujud. (HR Bukhari dan Muslim)
“Kadangkala beliau
mengangkat kedua tangannya apabila beliau hendak sujud.” (An-Nasa’i,
Ad-Daruquthni, dan Al-Mukhlis sanad shahih)
26. Sujud dengan bertelekan
kepada kedua tangan. Diriwayatkan bahwa :”Deliau meletakkan tangannya di
atas tanah sebelum kedua lututnya.” (Ibnu Khuzaimah, Ad-Daruquthni, Al-Hakim)
“Apabila salah seorang diantara
kamu sujud, maka janganlah ia berlutut seperti berlututnya unta, dan hendaklah
ia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya.” (Abu Daud dan Ahmad
dengan sanad shahih)
“Beliau bertelekan kepada
kedua telapak tangannya – sambil melebarkannya (Abu Daud dan Al Hakim)
Beliau merapatkan
jari-jari kedua telapak tangannya (Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi, Al-Hakim) dan
mengarahkannya ke arah kiblat (Al-Baihaqi)
“Beliau meletakkan (kedua
telapak tangnnya) setentang dengan kedua bahunya”.(Abu Daud dan Tirmidzi)
Dan kadangkala “Beliau
meletakkannya setentang dengan kedua telinganya (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)
“Beliau
menetapkan hidung dan keningnya kepada tanah.”(Abu Daud dan At-Tirmidzi)
“Apabila
seorang hamba bersujud, maka bersujudlah tujuh anggota tubuh bersamanya :
wajahnya, kedua telapak tangannya, kedua lututnya dan kedua telapak kakinya.”.
(HR Muslim, Abu ‘Uwanah dan Ibnu Hibban).
“Beliau
mengangkat keduanya dari lantai dan menjauhkannya dari kedua sisi tubuhnya,
sehingga putih ketiaknya terlihat dari belakangnya. (HR Bukhari dan Muslim)
27.
Kewajiban Thumaninah dalam sujud. Rasululah
shalallahu’alaihi wassallam memerintahkan untuk menyempurnakan ruku’ dan sujud.
Orang yang
tidak melakukannya diibaratkan orang yang makan satu atau dua buah kurma yang
tidak memberikan manfaat apa-apa baginya.
28. Doa-do’a dalam sujud. Kadangkala beliau
mengucapkan ini , kadangkala beliau mengucakan itu. Subhana Rabbiyal a’laa
(Maha Suci Tuhanku yang Maha Luhur, tiga kali, kadang beliau mengulangnya lebih
dari itu). Kadang beliau mengucapkan Subhana Rabbiyal a’la wabihamdih. Kadang
beliau mengucapkan :”Subbuuhun Qudduusun Rabbul malaa ikati Warruuhi (Maha Suci
dan pemberi berkah Tuhan Malaikat dan Ruh”) (HR. Muslim dan Abu “Uwanah).
Kadang beliau membaca
:”Subhanaka Allahumma Rabbana Wabihamdika Allahummag firlii.(Maha suci Engkau
Ya Allah Ya Tuhan kami, dan dengan memuji Engaku ya Allah ampunilah aku.”
(Lengkapnya baca Fiqhus Sunnah Sayyid Sabiq, Sifat Shalat Nabi Nashiruddin
Al-Albani)
29. Larangan membaca
Al-Qur’an dalam sujud. Rasulullah melarang membaca al-Qur’an dalam sujud, beliau
memerintahkan untuk memperbanyak do’a dalam sujud. Rasulullah bersabda,”Hamba
yang paling dekat kepada Tuhannya adalah hamba yang bersujud. Oleh karena itu
perbanyaklah doa di dalam sujud.” (HR Muslim, Abu ‘Uwanah, dan Al-Baihaqi).
30. Bangkit dari sujud. “Tidaklah sempurna shalat salah seorang manusia,
sehingga ia bersujud sampai tulang-tulang persendiannya merasa tenang, lalu
mengucapkan ‘Allahu Akbar’ dan mengangkat kepalanya hingga ia duduk
lurus.”(HR.Abu Daud dan Al-Hakim).
“Beliau membentangkan kaki
kirinya (duduk iftirasy), lalu duduk di atasnya dengan tenang.” (Bukhari,
Muslim, Abu Daud dan Abu Uwanah)
“Beliau mendirikan kaki kanannya.” (Al-Bukhari dan Al-Baihaqi)
“Rasulullah kadangkala duduk tegak di atas kedua tumit dan dada kedua kakinya.” (Muslim, Abu Uwanah dan Abu ‘sy-Syaikh) .
31. Kewajiban berthumaninah di
antara dua sujud. Diriwayatkan bahwa “Rasulullah shalallahu’alaihi wassallam
berthumaninah sehingga setiap tulang kembali kepada tempatnya.” (HR Abu Daud
dan Al-Baihaqi). “Beliau memanjangkannya sehingga hampir mendekati lama
sujudnya.” (Al-Bukhari dan Muslim)
32. Dzikir-dzikir di antara dua
sujud. Dalam
duduk ini Rasulullah mengucapkan :”Allahummag firlii (dalam riwayat lain Rabbig
firlii), warhamnii, wajburnii, warfa’nii, wahdinii, wa’afinii, warzuqnii./ Ya
Allah (Ya Tuhanku), ampunilah aku, kasihanilah aku, cukupilah kekuranganku,
angkatlah derajatku, berilah aku petunjuk, sehatkanlah aku, dan berilah rizqi
kepadaku.)
Kadangkala beliau
shalallahu’alaihi wassallam mengucapkan : “Rabbigfirlii, Rabbigfirlii (Ya
Tuhanku ampunilah aku, Ya Tuhanku, Ampunilah aku. Setelah itu diriwayatkan bahwa
:”Beliau mengucapkan takbir, lalu sujud untuk sujud yang kedua.” (Al-Bukhari
dan Muslim)
“Beliau mengangkat kedua
tangannya bersamaan dengan takbir ini.” ( HR Abu Daud dan Abu Uwanah dengan
sanad shahih à menurut Malik dan Asy-Syafii’)
33. Duduk Istirahat. Kemudian : “Beliau
duduk lurus –di atas kakinya yang kiri sambil beri’tidal , sehingga setiap
tulang kembali kepada tempatnya.” (HR. Al-Bukhari dan Abu Daud).
34. Bertelekan kepada kedua
Tangan pada waktu bangkit untuk rakaat berikutnya. “Rasulullah shalallahu’alaihi
wassallam bangkit kepada raka’at kedua sambil bertelekan kepada tanah. “ (HR
Al-Bukhari dan Asy-Syafi’i).
35. Tasyahud pertama. Setelah selesai
raka’at kedua, beliau duduk untuk tasyahud. Bila shalat itu dua rakaat seperti
shalat shubuh, maka beliau duduk iftirasy (membentang) sebagaimana beliau duduk
di antara dua sujud (An-Nasa’i dengan sanad shahih)
Demikian pula beliau
duduk dalam tasyahud awal di dalam shalat yang tiga rakaat atau empat rakaat
(Al-Bukhari dan Abu Daud).
“Apabila kamu duduk di
tengah-tengah shalat, maka berthumaninnah lah dan bentangkan paha kirimu, lalu
bertasyahud lah.” (Abu Daud dan Al-Baihaqi).
“Apabila beliau dudk di
dalam tasyahud maka beliau meletakkan telapak tangan kanannya di atas pahanya
(riwayat lain :lututnya) yang sebelah kanan dan meletakkan telapak tangan
kirinya di atas pahanya (riwayat lain : lututnya) yang sebelah kiri.(HR. Muslim
dan Abu Uwanah).
“Rasulullah
shalallahu’alaihi wassallam melebarkan telapak tangannya yang sebelah kiri di
atas lututnya yang sebelah kiri dan menggemgamkan jari-jemari telapak tangannya
yang sebelah kanan semuanya lalu menunjuk kea rah kiblat dengan dengan jarinya
yang berada setelah ibu jari (telunjuk) sambil mengarahkan pandangannya
kepadanya. (Muslim, Abu Uwanah dan Ibnu Khuzaimah)
“Apabila beliau menunjuk
dengan jarinya (telunjuknya), maka beliau meletakkan ibu jarinya di atas jari
tengahnya. “(HR Muslim dan Abu Uwanah)
“Beliau menggerak-gerakkan jarinya (telunjuknya) sambil berdoa dengannya.”Abu DAud, An-Nasai dan Ibnu’l-Jarud)
“Beliau menggerak-gerakkan jarinya (telunjuknya) sambil berdoa dengannya.”Abu DAud, An-Nasai dan Ibnu’l-Jarud)
36.
Macam bacaan tasyahud. Rasulullah
shalallahu ‘alaihi wassallam mengajarkan beberapa bacaan tasyahud kepada para
shahabat.
Tasyahud
Ibnu Mas’ud : "Attahiyatu lillah Wassholawaatu
WaththayyibatuAssalamu’alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamu’alainaa wa’ala ‘ibaadillahishshaa lihiin. Asy hadu alla ilaaha
illallah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluh.(“segala ucapan selamat,
kebahagiaan dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan
dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan berkatnya.
Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepada kami pula dan kepada sekalian
hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah,
dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.” (Al-Bukhari dan Muslim dan Ibnu Abi Syaibah)
Tasyahud
Ibnu Abbas : “Attahiyyatu’l-mubaarakaatu ‘sh-shalawaatu ‘th-thayyibaatu
lillah. Assalamu’alayka ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu
‘alaina wa ‘ala ‘ibaadillahi ‘sh-shalihiin. Asy hadu alla ilaaha illallah Wa
Asy hadu anna muhammad ‘r-Rasulullah”(HR Muslim, Abu Uwanah, Asy Syafi’idan
An-Nasa’i)
Tasyahud Ibnu Umar (tidak jauh berbeda dengan
Tasyahud Ibnu Mas’ud)
Tasyahud Abi Musa Al-Asy’ari
Tasyahud Umar bin Khattab
37. Shalawat atas Nabi, letak dan
macam bacaannya. Rasulullah mengucapkan shalawat atas dirinya sendiri di dalam tasyahud
pertama dan lainnya. (An-Nasa’i dan Abu Uwanah)
Allahumma shalli’ala muhammad wa
‘ala alii baitihii. Wa ‘alaa azwaajihii Wadzurriyya tihii kamaa shallayta ‘ala
aali ibraahiim. Innaka hamiidum majiid wa baarik ‘ala muhammad.Wa ‘alaa aali
baytihii Wa ‘alaa azwaa jihii wa dzurriyyatihii kamaa barakta ‘alaa aali
ibraahiim. Innaka hamiidummajiid. (“Ya Allah berilah kebahagiaan kepada Nabi Muhammad,
kepada Ahli Baitnya, istri-istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah
memberikan kebahagiaan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha
Terpuji lagi Maha Mulia. Dan berilah berkah kepada Muhammad, Ahli Baitnya,
istri-istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah
kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”),
dan beberapa shalawat lainnya.
38. Bangkit kepada
raka’at ketiga lalu keempat.
39. Tasyahud Akhir. “Di dalam tasyahud
akhir ini beliau duduk dengan tawarruk.” (HR. Bukhari).Yaitu :”Beliau
melapangkan pangkal pahanya yang sebelah kiri ke tanah dan mengeluarkan kedua
kakinya ke satu arah. (HR. Abu Daud dan Al-Baihaqi dengan sanad shahih).
40. Kewajiban Memohon
Perliindungan dari Empat Perkara Sebelum Berdoa. Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wassallam bersabda : “Apabila salah seorang di antara kamu selesai dari
tasyahud –akhir-, maka hendakalah ia memohon perlindungan kepada Allah dari
empat perkara yaitu : Allahumma inni a’udzubika min ‘adzaabi jahannam wamin
‘adzaabil qabri wamin fitnati ‘l-hayaa wal mamaa ti wamin syarri fitnati
‘l-masiihid dajjal (“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari
siksaan jahannam, dari siksaan kubur, dan dari cobaan hidup serta cobaan mati, dan
dari kejahatan—cobaan—Al-Masih yang menjadi Dajjal) (HR Muslim, An-Nasa’i, Abu
‘Uwanah, dan Ibnu’l-Jarud)
41. Doa Sebelum salam dan macam-macamnya.
42. Salam. Rasulullah
mengucapkan salam ke sebelah kanan, kadang lengkap Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh, kadang hanya sampai warahmatullah, dan kemudian ke
sebelah kiri kadangkala beliau memperpendek ucapannya Assalamu’alaikum. (HR Abu
Daud, An-Nasa’i dan Tirmidzi) (Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi dan Adl-Dliya, Ahmad
dan Ath-Thabrani).
DAFTAR PUSTAKA
[1] AL-QUR'AN
[2] AL-HADITS
0 komentar:
Posting Komentar